Wisata

Sabtu, 11 November 2017

Jalan-Jalan ke Telaga Sarangan

Hallo temen-temen dolen.. gimana kabarnya, maafkan sudah lama gak menampakan diri di blog πŸ˜€ Kalau beberapa bulan yang lalu aku perna cerita tentang Wisata sekitar Pantai Kenjeran, kali ini aku pengen berbagi cerita jalan-jalan yang masih di sekitaran Jawa Timur juga, tapi bukan di Surabaya ya… hehehe..  oke langsung aja kita pindah ke TKP.. hehehe..
Jadi ceritanya kemarin itu lagi pusing-pusingnya sama tugas kuliah yang gak kelar-kelar jadinya kepala minta di refresh, matanya pengen ngeliat yang seger-seger yang lebih seger dari minum Es Cendol hehehe.. saat pusing melanda datanglah seorang teman (CLIING ku beri satu penawaran πŸ˜€) temen ku ini kebetulan orang dari daerah Magetan, uda kebayang mau diajakin kemana jalan-jalannya..?  yuupzzz.. teman aku ini ngajakin pergi ke Telaga Sarangan, Telaga yang sangat terkenal di Magetan. Oke singkat cerita setelah ngobrol ngalor – ngidul gak karuan akhirnya diputuskan untuk berangkat ke Mangetannya hari jum’at tepatnya tanggal 22 september 2017 setelah pulang kerja.
Teettt.. bel tanda pulang kerja berbunyi (hahaha.. emang jaman sekolah pakai bel ). Kita berangkat dari Surabaya sekitar pukul 19:00 WIB sebenernya pulang kerjanya jam 17:00 tapi berhubung masih nunggu mobil jemputan yang akan mengantar kita ke terminal Purabaya jadi kita baru naik Busnya pukul 19:00. Oyaa.. buat temen-temen dolen yang mau ke Magetan naik Bus dari Surabaya, kalian bisa naik dari terminal Purabaya ada banyak Bus sebenarnya yang bisa mengantar kita ke Magetan, Cuma yang banyak Bus dari Sugeng Rahayu atau Sumber Selamat, jadi kita mutusin buat naik Bus Sugeng Rahayu, Bus ekonomi yang kita naiki ini ngasih tarif Rp. 26.000 untuk tujuan Terminal Maospati Magetan, tapi buat temen-temen  yang pengen dapat harga Rp. 24.000 juga bisa caranya waktu temen-temen mau bayar bilang aja KL (kartu langganan) nanti kalian pasti dapet harga Rp. 24.000 karena aku sama temen-temen yang lain kemaren juga bilang gitu pas bayar.. lumayan dapat potongan Rp. 2.000 hehehe..
Oke perjalanan selama 6 jam sudah aku lewati dengan tidur di dalam bus (hahaha.. aku tidur terus selama perjalanan ) akhirnya sampailah kita di terminal Maospati Magetan sekitar pukul 01:00 dini hari masih kriyep-kriyep turun dari busnya. Karena hari itu masih terlalu gelap buat kita jalan-jalan di Magetan, akhirnya kita putuskan untuk numpang istirahan sejenak di rumah temen aku. Akhirnya mobil yang kita sewa datang jadi kita langsung cuzz ke rumah temen aku buat  bubuk-bubuk cantik. Oyaa kebetulan kita keliling Mangetannya gak pakai kendaraan umum, kita sewa mobil dari Magetan dan kebetulan yang supirin temen aku sendiri. Tapi buat temen-temen yang mau ke Telaga Sarangan tapi gak bawa kendaraan pribadi/sewa mobil, temen-temen bisa naik kendaraan seperti ELF atau mobil buat nganterin ke Telaga Sarangan, karena di terminal Maospati banyak kendaraan seperti ELF atau mobil pribadi yang bisa disewa rame-rame buat nganterin temen-temen naik ke Telaga Sarangan tapi pastinya temen-temen harus pintar nawar biar dapat harga murah.
“Mbk..mbk wes jam 07:00 loo” huuu.. itu adalah suara si Adit temen aku yang tiba-tiba membuat semua mimpi ku berhamburan. Ya kita semua baru bangun pukul 07:00. Sambil nungguin temen aku yang bisa bawa mobil bangun kita siap-siap pada mandi, ganti baju, pakai parfum, pakai make-up (hahaha.. kaya mau kondangan) oke singkat cerita temen aku yg masih tidur udah bangun dan mandi dan kita semua di ajakin sarapan biar pada kuat (kuat melihat sang mantan dengan yang lain hahaha.. Baper ) jadi setelah sarapan kita langsung cuzz keliling Magetan.
Pukul 09:00 kita berangkat keliling dengan tujuan pertama wisata petik buah Strawberry, yupzz wisata petik buah bukan hanya milik kota Malang ya temen-temen, karena Magetan juga punyak tempat Wisata petik buah Strawberry yang gak kalah bagus dengan Malang loo, tempatnya juga mudah di temukan karena ada di pinggir jalan arah mau ke Telaga Sarangan, jadi buat temen-temen yang mau ke Telaga sarangan bisa mampir kesini untuk beli strawberry langsung ataupun petik sendiri. Kalau temen-temen pengen petik sendiri temen-temen cukup bayar strawberrynya aja yaitu Rp. 9.000/100gr nya lumayan bisa sambil foto-foto di area kebunnya, Tapi kalau temen-temen lagi males buat metik-metik nie temen-temen bisa beli langsung aja buah Strawberrynya dengan harga yang lebih murah dari harga metik sendiri yaitu Rp. 7.000/100gr nya uda lebih murah gak pakai petik tinggal bayar uda deh bungkus bawa pulang dech strawberrynya hehehe..

Nie aku kasih liat pemandangan kebun Strawberrynya πŸ˜ƒ gak kalah sama yg di kota lainkan.. πŸ˜€
Ini buah strawberrynya segerrr banget ya.. πŸ˜€πŸ˜€
Oke petik-petik strawberrynya udah kelar dan uda dapet banyak strawberry buat di bawa pulang buat oleh-oleh. kalau gitu kita lanjut ke tempat selanjutnya yaitu Cemoro Sewu. Buat temen-temen yang suka naik gunung pasti nama Cemoro Sewu uda gak asingkan.. ya cemoro sewu ini emang salah satu jalur pendakian ke Gunung Lawu. Jadi disana jangan heran kalau banyak menemukan para pendaki-pendaki tangguh yang siap menaklukan tantangan (hahaha.. apaan sih lebay amat) ya sudahlah ya kembali lagi ke Cemoro sewu. Jadi kalau mau ke Cemoro Sewu dari Telaga Sarangan temen-temen masih harus naik terus karena Cemoro sewu Secara administratif terletak di desa Ngancar, Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan (info web perhutani)
ini adalah gerbang masuk ke Cemoro Sewu, untuk temen-temen yang pengen selfi-selfi di sini harus bayar sebesar Rp. 5.000/org tapi kalu temen-temen mau mendaki ke gunung Lawu akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 15.000/org dan diwajibkan mengisi biodata anggotanya yang akan mendaki dan diharuskan meninggalkan identitas asli ke bpk petugasnya yang baru bisa diambil saat temen-temen uda selesai mendaki itu sihh yang aku tau waktu aku kemaren beli tiket masuk kebetulan barengan sama mas-mas yang mau mendaki ke Gunung Lawu (kalau salah boleh minta tolong di betulkan di komen ya.. hehehe)

ini adalah jalur pendakian ke Gunung Lawu

Uda puas foto-fotonya, selfi-selfi juga udah sekarang lanjut lagi ya kita turun ke tempat selanjutnya yaitu

Mojosemi forest park ini adalah wahana wisata bertemakan alam jadi jangan ditanya lagi sejuk dan dinginnya tenpat ini, pokonya enak banget, tempatnya teduh karna banyak pohon-pohon tumbuh bebas disini Hahaha.. Oyaa untuk bisa main-main di Mojosemi Forest Park kita harus membayar tiket masuknya dulu ya teman-teman yaitu seharga Rp. 20.000 untuk 1 org. Di Mojosemi Forest Park kita tidak hanya disuguhi oleh keindahan alamnya saja loo.. karena di tempat ini menawarkan berbagai macam permainan yang akan menguji keberanian & ketangkasan temen-temen semua, kira-kira  ada apa aja disini mari kita lihat daftarnya.
nah ini adalah daftar dari permainan yang bisa kita nikmati saat berkunjung ke Mojosemi Forest Park, aku rasa tempat ini cocok jadi tempat liburan bareng keluarga. (yg sayang anak..sayang anak.. sayang istri.. hehehe..)
Sayangnya waktu di Mojosemi Forest Park aku sama temen-temen gak sempet nyobain game yang ada disana karena waktu itu uda sorean jadi kita harus buru-buru ke Telaga Sarangan buat cari Penginapan, mungkin next time pengen nyobain game HIGHROPTnya, jadi aku bagiin aja deh foto-foto waktu di Mojosemi Forest Park silahkan dilihat dirabah ditrawang (hahaha.. becanda emang uang)
ini waktu lihat ada hammock nganggur buat foto aja hehehe.. πŸ˜€πŸ˜€

ini foto waktu perjalanan mau ke air terjun Tirtomojo, tapi pas di tengah jalan ketemu mbk-mbk yang uda duluan sampai air terjun dan mbk-mbknya bilang kalau air terjunnya sedang dalam perbaikan jadi debit airnya kecil, mendengar itu harapan ku pun pupus sudah untuk melihat air terjun (hahaha.. lebay banget) karena perjalanan yang harus kita tempuh masih sangat jauh dan debit air terjunnya kecil akhirnya kita putuskan untuk selfi-selfi aja disini.. oyaa dari tempat ini kita bisa melihat pemandangan Telaga Sarangan loo.. karena Mojosemi Forest Park ini tempatnya gak jauh dari Telaga Sarangan.
Waktu uda semakin sore dan temen-temen yang lain perutnya juga uda pada bernyanyi termasuk aku hehehe.. akhirnya kita putuskan untuk menyudahi jalan-jalan di Mojosemi Forest Parknya dan kita langsung cuzz cari tempat makan.
Oke turun ke bawah sedikit dan kita akan segera makan.. mau makan dimana kita..? tenang uda ada rekomendasi tempat makan yang oke di Magetan pengen tau cuzz kita bahas. Ya setelah capek habis mendaki gunung lewati lembah sunga mengalir ke samudra (ya.. malah nyanyi lagu Ninja Hatori maafkan hehehe) teman aku kasih rekomendasi tempat makan yang asik banget di Magetan yaitu “MBAH DJOE RESORT” ya pasti uda pernah denger atau bahkan nyobain makan di tempat ini kan. Soalnya tempat ini tu instagramebel banget.. karena disini kita bukan hanya sekedar mengisi perut aja, tetapi kita juga akan menyegarkan mata kita yang haus akan pemandangan yang indah.. disini banyak banget tempat yang bisa dijadikan spot foto karena dari sudut mana pun tempat ini uda bagus, tempatnya diklilingi oleh bukit-bukit yang hijau.. jadi makan disini enak baget.. bayangin aja saat makan kita tidak hanya disuguhi makanan yang lezat tapi juga pemandangan yang indah.. sensasi makan di ketinggian hehehe..

nie silahkan dilihat sendiri foto-fotonya..
Oyaa temen-temen gak perlu kawatir soal harga makanan ditempat ini, karena walaupun menyuguhkan view pemandangan yang indah serta tempat makan yang asik, harga menu makanan disini tidak terlalu mahal masih aman dikantong. Oke makan-makannya udah, perutnya uda pada diem gak ada yang protes, mata juga uda seger liat mas-mas ganteng, upzz..  salah liat pemandangan yg seger maksudnya hahaha..  kita langsung lanjut perjalanan ke Telaga yang jadi Iconnya Magetan.
Selamat datang di Telaga Sarangan.
Sampai di Telaga sarang uda sore banget Cuma lupa jam berapa tepatnya, sampai sana kita langsung muter-muter cari penginapan yang deket telaga dan murah pastinya.. hehehe.. karena uang sudah mulai menipis.. uda muter-muter tapi belum juga nemu yang pas (emang nyari yang pas itu gak mudah.. hoo Baper hehehe..) akhirnya kita parkir mobil dulu ajalah ntar jalan lagi cari penginapannya karena pas aku kesana sarangan lagi ramai-ramainya jadi agak kurang enak kalau bolak-balik cari penginapan pakai mobil. Oke penginapan belum dapet ditinggal dulu aja naik perahu muterin Telaga Sarangan.. walaupun uda sore tapi langit masih terang jadi naik perahu dulu aja.. oyaa untuk bisa muterin Telaga Sarangan kita harus naik perahu mesin dengan tarif Rp. 60.000 untuk sekali putaran dan Rp. 150.000 untuk 3x putaran.. tapi, buat temen-temen aku saranin buat nawar harganya walaupun di sekitar Telaga Sarangan uda  ada tulisan tarif sewa perahu dan kuda,  tapi kita masih bisa nawar kok.. karena kalau kita bisa nawar kita bisa dapet harga lebih murah, kita bisa dapat harga sekitar Rp. 50.000 atau Rp. 45.000 untuk sekali putaran lumayankan. Buat temen-temen yang takkut naik perahu mesin diharapkan bilang ke Bpk supirnya untuk pelan-pelan karena kalau gak ntar bpknya kenceng banget bawa perahunya ngebut sama di banting-banting, terus buat temen-temen yang pengen berhenti foto di tengah Telaga harap request ke Bpknya juga biar nanti di berhentiin di tengah-tengah Telaga tepat di tulisan “TELAGA SARANGAN” terus  minta fotoin dech..
oyaa kalau kalian sempet perhatiin pas muterin Telaga ada tulisan Telaga Pasir, kemarin sempet tanya-tanya dalam hati dimana Telaga Pasirnya..? dan ternyata Telaga Pasir itu ya Telaga Saranga, kok bisa..? ya konon ceritanya Telaga Sarangan itu dulunya Telaga pasir, nama telaga pasir diambil dari nama Kyai Pasir dan Nyai Pasir mereka berdua adalah sepasang suami istri yang hidup di hutan gunung Lawu. Mereka tinggal  di sebuah pondok di lereng gunung Lawu. Pada suatu hari pergilah Kyai Pasir ke hutan dengan maksud menanam sesuatu di ladangnya, sebagai mata pencaharian untuk hidup sehari-hari. Oleh karena ladang yang akan ditanami penuh dengan pohon-pohon besar, Kyai Pasir menebangi dulu pohon-pohon besar itu satu per satu. Tiba-tiba Kyai Pasir terkejut mengetahui ada sebutir Telur tergeletak di bawah salah satu pohon yang hendak ditebangnya. Tidak berpikir panjang Kyai Pasir segera membawa pulang telur itu dan diberikan kepada istrinya. Kyai Pasir menceritakan awal mula menemukan telur itu, dan mereka berdua sepakat untuk merebus telur tersebut. Setelah di rebus, separuh telur masak tadi oleh Nyai Pasir diberikan kepada suaminya. Dimakannya telur itu dengan lahap oleh Kyai Pasir, kemudian Kyai Pasir kembali ke ladang dan meneruskan kegiatan menebang pohonnya. Setelah tiba di ladang Kyai pasir merasakan tubuhnya panas, kaku, serta sakit sekali dan matanya pun terasa berkunang-kunang. Kyai Pasir  tidak sanggup menahan sakit ditubuhnya sehingga Kyai pasir rebahan di tanah. Dalam keadaan sakit Kyai Pasir berguling-guling di tanah dengan dasyatnya. Tiba-tiba badan Kyai Pasir berubah wujud menjadi ular naga yang besar bersunggut dan sangat menakutkan.  Ular naga itu terus berguling kesana kemari dengan dasyatnya.
Hal serupa pun terjadi pada Nyai Pasir yang berada di rumah, karena tak kuat menahan sakit di sekujur tubuhnya akhirnya Nyai pasir memutuskan untuk menemui suaminya di ladang untuk meminta pertolongan, namun yang dijumpai bukanlah Kyai pasir melainkan seekor ular naga besar  yang menakutkan , melihat ular tersebut Nyai pasir merasa takut namun karena sakit yang tidak bisa di tahan akhirnya Nyai Pasir pun merebahkan tubuhnya ke tanah dan berubahlah Nyai pasir menjadi seekor ular naga yang besar dan bersunggut.
Akhirnya kedua ular naga tersebut berguling-guling di pasir dengan dasyatnya yang menyebabkan tanahnya berserakan dan membentuk cekungan yang semakin lama semakin lebar, dan dari dalam cekungan tersebut menyembur air yang besar dan memancar kemana-mana. Dalam waktu sekejap cekungan tersebut sudah penuh dengan air dan ladang Kyai pasirpun berubah menjadi sebuah kolam besar yang akhirnya dinamai Telaga pasir oleh masyarakat sekitar karena kolam tersebut terwujud karena Kyai dan Nyai pasir.
Ya itu tadi sekilas cerita panjang asal mula telaga sarangan atau telaga pasir hehehe… Oke balik lagi ke telaga sarangan..

Inilah penampakan dari Telaga Sarangan yang indah banget.

Kalau ini foto waktu naik perahu, di fotoin bpk supir perahu tepat di tulisan Telaga Sarangan.
Oke tadi uda muter-muter telaganya pakai perahu mesin sekarang waktunya cari penginapan soalnya kalau gak dapat penginapan kita semua bisa terdampar di telaga (hahaha.. lebay ) yawes singkat cerita akhirnya kita dapat penginapan berkat informasi bpk supir perahu mesin, yupss bpk itu merekomendasikan kita ke sebuah penginapan yang menurut aku tempatnya nyaman viewnya juga bagus dan tempatnya tenang banget kalau malam.
ya inilah penginapannya namanya penginapan arjuna (fotonya aku ambil dari google karena waktu disana gak sempet foto penginapannya hehehe.. ) Oke kita hubungi penginapannya mau tanya masih ada kamar yang kosong atau tidak sekalian mau tanya harga sewanya, waktu temen aku telepon kita di kasih harga Rp. 600.000 per malam untuk villanya dengan 3 kamar + sarapan pagi dan Rp. 450.000 per malam untuk sewa 1 kamarnya, lumayan mahal kalau menurut ku, tapi tenang buat temen-temen yang pintar nawar nih, tawar aja pasti harganya bakal diturunin karena kemarin temen aku yang orang asli magetan aku suruh nawar dan akhirnya kita di kasih harga Rp. 250.000 per malam untuk 1 kamar dan Rp. 450.000 per malam untuk villanya murah kan hehehe.. oyaa penginapan ini terdiri dari 3 lantai yang mana pada lantai dasar terdapat beberapa kamar yang disewakan dan untuk lantai 2 & 3 terdapat villa dengan 3 kamar tidur, buat temen-temen yang sewa villa dapat gratis sarapan pagi dan buat temen-temen yang sewa kamar aja tetep dapat gratis tapi gratisnya teh atau kopi aja. Hehehe… gak papa lahya yang penting dapat gratisan.
Oke karena kita uda dapat penginapan akhirnya kita langsung cuzz ke penginapannya buat bersih-bersih badan karena uda pada gak karuan baunya hahaha..

Inilah penampakan dari kamar yang kita sewa.. (abaikan yang lagi tidur hehehe..) kamar ini dilengkapi dengan 2 tempat tidur 1 TV tabung entah berapa ukurannya dan kamar mandi yang ada di dalam kamar, lengkap dengan air panasnya udah baguslah menurut ku dengan harga yang murah pakai banget. Yang bikin aku seneng sama penginapan ini yaitu penginapan ini punya view yang bagus yaitu menghadap langsung ke telaga sarangan, jadi tinggal keluar kamar kita sudah bisa menikmati pemandangan telaga sarangan. Dan yang bikin enak lagi tempatnya yang tenang, Tapi kalau mau cari makan malam harus jalan kaki dulu yang lumayanlah, karena gak ada warung sama sekali di dekat penginapan, Cuma okelah walaupun harus jalan kaki soalnya suasananya yang enak jadi gak kerasa walaupun jalan kaki.
Udah mandi, udah wangi, udah kece jadi sayang kalau gak jalan-jalan lagi hehehe.. kali ini karena uda malam dan laper juga jadi yukk kuliner malam di sarangan. Buat temen-temen yang liburan ke Telaga Sarangan gak usah kawatir mau makan dimana kalau malam, karena disekitar telaga sarangan kita bisa menemukan berbagai warung yang menjual aneka makanan mulai dari warung kaki lima yang murah sampai cafe yang rada keren juga ada tingggal dipilih dipilih, banyak banget yang jual makanan sampe binggung mau makan apa!! Akhirnya aku nyobain sate kelinci yang di jual dengan harga Rp. 10.000 untuk satu porsinya murahkan udah termasuk lontong loo itu, temen aku beli pecel yang rame banget di situ namanya SEGO PECEL PINCOEK SARANGAN harganya Rp. 8.000 udah dapet nasi pecel + telur +  dadar jagung gak ketinggalan krupuk yang Magetan banget yaitu krupuk puli. Tapi kalau mau cari minuman yang dingin disini rada susah karena jarang banget yang jual minuman dingin, mungkin karena udara disini uda dingin kali ya.. jadi kita cuma bisa pesan minuman yang anget-anget kaya wedang jahe, kopi, dan teh panas, disini juga ada angkringan loo yang jual aneka sate kaya sate telur puyuh, sate usus dll.

Inilah penampakan kita waktu kuliner malam di sekitar sarangan
Waktu menunjukan pukul 21:00 belum malem sih.. tapi temen aku uda ngajakin balik ke penginapan karena dia ngerasa kram di perutnya mungkin karena efek udara yang dingin kali ya, jadi kita putuskan buat balik ke penginapan.

Setelah ayam jantan berkokok (padahal gak denger suara ayam hahaha..) pertanda pagi telah tiba saatnya menyudahi liburan yang ada, karena besoknya hari senin dan kita semua akan segera menjelma menjadi para pemburu Rupiah hahaha.. yaweslah pokonya pada akhirnya setelah kita sarapan nasi pecel yang lewat depan penginapan, kita langsung mandi dan siap-siap buat check out dari penginapan, oya sedikit tambahan buat yang mau cari oleh-oleh di sekitar telaga banyak banget toko yang jual oleh-oleh mulai dari baju, accessories, bunga, sampai cemilan-cemilan kecil ada semua wes komplit pokoknya.. Over all Telaga Sarangan sangat keren dan enak buat ngerefresh pikiran yang lagi pusing hahaha.. oke terimakasih semuanya sudah membaca cerita saya yang amat panjang ini.. silahkan yang mau kasih saran, kasih uang hahaha.. atau mau cerita boleh di tulis di komentar ya. Terimakasih semoga membantu temen-temen yang mau liburan ke Magetan. Haturnuhun.

Senin, 27 Maret 2017

Wisata Sekitar Pantai Kenjeran

Gak kerasa uda hari sabtu aja.. Hehehe.. 😁Liburan sabtu ini saya gak pingin pergi ke luar kota karena cuaca yg gak mendukung.. Jadi liburan di surabaya aja..
Sabtu kemarin edisi liburannya yaitu muter-muter sekitar kenjeran.. ada satu tempat liburan yg ngehits di kenjeran yaitu patung budha dengan 4 wajah, jadi langsung aja saya dan sahabat saya tancap gas ke TKP.. Kami berdua berangkat pukul 12:30 setelah adzan dzuhur.. Kurang lebih 20 menit kami tiba di loket masuk wisata kenjeran baru atau biasa dikenal dengan nama "ken park" untuk dapat  masuk ke ken park kita di haruskan membayar tiket masuk sebesar Rp.15.000 untuk sepedah motor, dengan max 2 orang, setelah kita membayar kita di beri karcis pembayaran dan karcisnya jangan di buang ya teman-teman karna karcis itu bisa kita gunakan untuk parkir di dalam area ken park... Jadi kalau kita parkir di dalam terus waktu mau pulang ambil motor tunjukin aja karcisnya ke tukang parkirnya dan parkir kita gratis dech... Hehehe..😁 Tp ini cuma bisa di gunakan sekali aja ya, jadi kalo teman-teman parkir lagi di tempat lain yg masih area ken park tetep harus bayar Rp. 2000..

Oke balik lagi ke patung budha 4 wajah... Setelah kalian masuk dari pintu gerbang ken park kalian bisa langsung lurus saja sampai kalian ketemu perempatan atau simpangan dan di sebelah kiri ada papan petunjuk yg mengarah ke patung budha 4 rupa teman-teman langsung belok kiri ikutin petunjuk tadi dan langsung lurus aja gak jauh dari situ akan kelihatan patungnya di sebelah kiri.. Tepatnya di depan klenteng SANGAR AGUNG.. Uda dech disana teman-teman bisa jeprat-jepret, selfi-selfi, duduk-duduk dll.. Soalnya tempatnya teduh banget banyak pohonnya jd betah kalau duduk-duduk disana..

Tara.. Disinilah kita bisa duduk-duduk cari angin sambil selfi... Hahahaha.. πŸ˜„πŸ˜„

Ngomong-ngomong patung budha 4 wajah ini jadi patung budha terbesar di Indonesia loo.. yang uda tercatat di musium rekor Indonesia (MURI), dengan tinggi 36 meter, dan berdasarkan sumber yang ada patung budha ini lebih tinggi dari patung budha 4 wajah yg ada di Thailand, dibutuhkan dana sekitar 4 milyard untuk membangun patung ini.

Empat wajah yg dimiliki budha ini merupakan sebuah lambang kebaikan sang budha itu sendiri yaitu melambangkan murah hati, pengasih, adil dan meditasi.

Inilah hasil jepret-jepret patung budha 4 wajah... 😁😁

Selain patung budha dengan 4 wajah, di tempat yg sama juga terdapat patung dewa ganesha yaitu dewa ilmu pengetahuan dalam mitologi hindu. Selain patung dewa ganesha ada beberapa patung gajah yg jg ada di sekitar patung budha tersebut.

Ini adalah patung dari dewa ganesha.. Abaikan yg ada di depan patung.. πŸ˜„

Ini adalah foto dari patung gajah yg ada di sekitar patung budha..

Setelah puas jepret-jepret gak karuan saya dan teman saya pindah ke bangunan yg ada di depan patung budha ini.. Yupss bangunan ini adalah klenteng SANGGAR AGUNG yg di dalamnya terdapat patung dewi kwan im.. Dewi yg kita kenal dalam film sungokong alias kera sakti.. Saat pertama lihat bangunan ini saya tidak menyangka kalau ini adalah sebuah klenteng karna bangunan ini lebih mirip tempat ibadah umat hindu yaitu pura yg sangat kental dengan arsitektur khas bali pada bagian depannya..
Ini adalah foto gerbang dari klenteng sanggar agung.. Gimana mirip dengan pura di pulau bali kan..

Setelah masuk ke dalam kita akan melihat tempat ibadah dengan bau dupa yg sangat khas.. Saat ada di halaman depan saya bertanya-tanya di manakah patung dewi kwan im berada?.. Setelah blusukan ke dalam akhirnya saya menemukannya.. Ya patung dewi kwan im ini ada di dalam bangunan klenteng sanggar agung dimana bagian dalam klenteng ini menghadap laut.. Jika teman-teman mengalami kebinggungan seperti saya tenang jagan kawatir, saat kalian sudah masuk di halaman sanggar agung, kalian bisa masuk lewat pintu yg ada di samping kanan di situ akan ada petunjuk kecil bertuliskan "JALAN UNTUK PENGUNJUNG UMUM".. Jadi bagi teman-teman yg ingin jepret-jepret aja, kalian bisa lewat pintu sebelah kanan tapi bagi kalian yg mau ibadah bisa masuk lewat pintu sebelah kiri di pintu sebelah kanan disana ada pintu kecil yg tidak meyakinkan karna setelah kita masuk lewat pintu itu kita akan berada di dalam ruangan kecil yg sedikit berantakan, saya sempet ragu waktu itu benar tidak ini jalannya, tapi yakin saja karna masih ada tulisan "jalan untuk pengunjung umum" dan setelah kita berjalan terus melewati ruangan kecil tersebut kita akan di sambut dengan pemandangan laut dimana patung dewi kwan im di bangun..
Ini adalah halaman depan klenteng sanggar agung..

Di sebelah patung dewi kwan im ini terdapat 2 patung naga yang berkelok-kelok yg panjangnya sekitar 6 meter, tinggi patung dewi kwan im ini sendiri sekitar 20 meter. Walau menurut saya tempat ini sedikit panas tapi angin yg berhembus lumayan kencang karena bangunan ini langsung berhadapan dengan laut..

Inilah foto-foto patung dewi kwan im yg saya jepret... πŸ˜„πŸ˜

Gimana teman-teman ada yg tertarik berkunjung ke tempat yg sudah saya ceritakan tadi...  πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€